Dewandaru, penangkal kanker

Pohon Dewandaru

Dewandaru punya nama latin Eugenia uniflora. Tapi ia punya segudang nama lokal lain seperti Brazil cherry, Surinam cherry, Pitanga, Cerise de Cayenne, Cerisescotes, Cerise carrée, Ceremai belanda, Mayom-farang.

Pohon ini bisa kita jumpai di Gunung Kawi  karena buahnya dipercaya membawa berkah bagi kaum tiong hoa/ kong hu cu. Tapi ternyata buah dan tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandunga kimiawi yg dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Kandungan kimiawi Dewandaru adalah flavonoid, saponin, dan tanin (Hutapea, 1994). Flavonoid dari ekstrak daun berupa myricetrin, myrcitrin, gallocatechin, quercetin, dan quercitrin (Schmeda-Hirschmann et al, 1987). Senyawa tannin yang diisolasi dari fraksi aktif  Eugenia uniflora antara lain gallocatechin, oenothein B, eugeniflorins D(1) and D(2)

Buah dan daun Eugenia uniflora digunakan sebagai peningkat kualitas astringent dan mengurangi tekanan darah tinggi (Bandoni et al, 1972). Hasil decocta daun Eugenia uniflora di Paraguai digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah (Ferro et al, 1994).

Selain itu juga dapat menurunkan metabolisme lipid dan dapat digunakan sebagai efek proteksi pada trigliserida dan level lipoprotein yang sangat rendah (Ferro et al, 1988).

Daun Eugenia uniflora sebagai obat tradisional berkhasiat sebagai obat mencret (Hutapea, 1994). Aksi anti infamasi yang tinggi juga ditemukan pada daun Eugenia uniflora (Scapoval et al, 1994). Pada Brazilian folk medicine buah Eugenia uniflora digunakan sebagai antidiare, diuretik, antirematik, anti-febrile, dan antidiabetik. Selain itu, ekstrak daun Eugenia uniflora juga sebagai agen hipotensif (Consolini et al, 2000) dan menghambat peningkatan level trigliserida dan glukosa plasma (Matsumura et al, 2000).

Salah satu tanaman yang memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan sebagai obat antikanker.

About these ads

Tentang tanaman obatku

hidup sehat dengan kembali ke alam
Tulisan ini dipublikasikan di Darah Tinggi, Diabetes, Diare, Kanker dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Dewandaru, penangkal kanker

  1. sri m berkata:

    orang2 miskin akan berterima kasih bisa sembuh berkat info anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s