Tanaman pengusir nyamuk

Emang siapa yang tahan terhadap nyamuk? Selain gigitannya yang menyakitkan, dengungnya itu lho..sangat mengganggu. Tidak heran jika banyak obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Mulai dari yang semprot, bakar, elektrik tablet, elektrik cair, maupun dalam bentuk lotion. Nah, biar kembali ke alam dan mengurangi dampak obat kimia di tubuh kita, bagaimana kalau kita kembali ke alam, gunakan tanaman pengusir nyamuk?

Zodia

Zodia

Zodia

Tanaman ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Merupakan tanaman yang berasal dari Papua. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi akan tercium saat tertiup angin. Wangi tersebut tidak disukai nyamuk.

 

 

Lavender

Lavender

Lavender

Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunganya yang harum menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Bila ingin menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.

 

 

Geranium

Geranium

Geranium

Bunganya memiliki banyak variasi warna dengan kelopak bunga bertumpuk. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.

 

 

Serai

Serai

Serai

Serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.

 

Rosemary

Rosemary

Rosemary

Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit kita.Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk.

 

 

Selasih

Selasih

Selasih

Punya nama lain Tlasih, Basil, atau Basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk.

 

Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Seperti namanya, tumbuhan ini ditanam untuk memusuhi nyamuk. Ketika disentuh, tumbuhan ini mengeluarkan bau lemon yang sangat kuat yang akan mengusir serangga. Tumbuhan ini berasal dari Belanda.

 

 

Mintrosa of Lady Diana

Mintrosa Of Lady Diana

Mintrosa of Lady Diana

Hampir sama dengan tumbuhan Cintrosa, tumbuhan ini juga mengeluarkan aroma atau bau yang sangat kuat sehingga sangat dibenci nyamuk. Perawatannya sangat mudah dan biasanya dijadikan tanaman penghias rumah.

 

 

 

Marigold

Marigold

Marigold

Bunga ini berasal dari Mexico dan Guatemala. Terdapat dua jenis Marigold yaitu Tagetes erecta (African MariĀ¬gold ) dan Tagetes patula (Dwarf French Marigold). Warna2nya yang segar membuat bunga ini banyak ditanam di pinggir jalan atau taman. Kedua-duanya dikenali dengan nama indonesia sebagai Bunga Tai Ayam.

 

 

Kecombrang

Kecombrang

Kecombrang

Tanaman yang juga punya nama lain Kantan, Kincung, Siantan, Kaala, atau Honje adalah sejenis tumbuhan rempah. Sepintas pohonnya mirip Lengkuas berukuran lebih besar. Bunga, buah, serta bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini juga dapat mengusir nyamuk.

 

 

Akar Wangi

Akar Wangi

Akar Wangi

Bentuk keringnya sering dijadikan pengharum ruangan atau lemari. Tapi tumbuhannya sendiri konon dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.

 

 

Suren

Suren

Suren

Tidak seperti tanaman2 pengusir nyamuk lainnya yang dalam bentuk mungil, Suren adalah jenis pohon besar. Biasanya ditanam di lahan luas, termasuk kebun dan sawah. Karena selain bisa mengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat mengusir serangga lainnya.

About these ads

Tentang tanaman obatku

hidup sehat dengan kembali ke alam
Tulisan ini dipublikasikan di Aroma Terapi, Pengusir Nyamuk dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tanaman pengusir nyamuk

  1. salut sama blognya keren isinya sangat menarik dan bermanfaat…salam kenal ya?
    mampir juga ya ke web.kami

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s